Sabtu, 29 Februari 2020

Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat Fokus Utama Desa Buranga 2020, ini laporannya


Metromilenial-Buranga, Parimo: Pembangunan Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat menjadi fokus utama program pembangungan desa Buranga Kecamatan Ampibabo Parigi Moutong, Sulawesi Tengah pada tahun ini (2020).

Kepala desa Buranga Irfan Dg. Makampa mengatakan hal tersebut kepada jurnalis Metromilenial saat dikonfirmasi rencana kerja desa Buranga 2020.


"Tahun ini kami mengutamakan pembangunan (infrastruktur) dan pemberdayaan masyarakat desa Buranga," tandasnya.
Irfan menjelaskan untuk pembangunan fisik akan dibuat jalan kantong produksi sekitar 1.500 meter dengan anggaran sebesar Rp 100 juta.


Selain itu, diprogramkan penimbunan jalan  yang panjangnya 1.500 meter menggunakan dana desa.
Lebih jauh, menurut Irfan tahun ini juga dilakukan penambahan jalan untuk menunjang pengembangan wisata bakau sekitar 40 meter.

Salah satu yang menjadi program baru desa tahun ini adalah pembangunan jamban sehat.
"Kita akan bangun 12 unit jamban sehat dengan alokasi dana sekitar Rp 72 juta," tandasnya.

Sementara itu,Irwan, Pendamping 19 desa se Kecamatan Ampibabo mengharapkan agar semua kepala desa transfaran kepada masyarakat dalam pengelolaan dana desa di wilayah desa masing masing.
Ditempat yang sama, kelompok pemberdayaan masyarakat Bali yang ada di desa Buranga  mengajukan proposal untuk pemeliharaan hewan babi yang dibagi menjadi 4 kelompok dengan masing masing kelompok 20 ekor ternak babi. (Jam'un)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar